Perbedaan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

Stevekramerentertainment – Setelah sukses besar dengan POCO X3 NFC, Xiaomi sekali lagi mengejutkan dunia seluler dengan model barunya, POCO X3 Pro. Produk baru ini membawa beberapa kesamaan, salah satunya dari segi sensor mulai dari kompas, proximity, gyroscope, sensor accelerometer, hingga penempatan pembaca sidik jari di tepi atau frame.

Perbedaan yang perlu Anda ketahui dari kedua ponsel POCO X3 ini adalah penggunaan teknologi fast charging. Meski sama-sama berperingkat 33W, keduanya menjanjikan kecanggihan yang berbeda. POCO X3 NFC siap mengisi daya 100% hanya dalam 65 menit, sedangkan POCO X3 Pro dapat menyuntikkan daya 100% hanya dalam 59 menit.

Perbedaan antara POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro

Di atas Anda membaca spesifikasi kedua ponsel POCO X3 bukan? Anda tentu telah menemukan beberapa perbedaan dengan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro.

1. Kompetisi Lapisan Pelindung

Dari tampilan, dari desain hingga bodi kedua ponsel Xiaomi ini serasi nyaris tanpa deviasi. Keduanya memiliki bobot 215 gram dengan dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4mm, cukup besar dan chunky. Untuk layar 6,67 inci dengan rasio layar-ke-tubuh 84,6%, ini lapang dan lapang, yang sangat bagus untuk bermain game atau menonton video.

Selain panel IPS LCD, kedua model POCO juga memiliki kecepatan refresh 120 Hz, HDR10, dan tingkat kecerahan hingga 450 nits. Sedangkan kerapatan pikselnya adalah 395 dpi. Keduanya telah mendapatkan sertifikasi IP53, yang berarti perangkat ini mampu menahan semburan debu dan percikan air.

Jadi yang membedakan POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro adalah lapisan pelindung yang dipakainya. POCO X3 memutuskan untuk menggunakan lapisan Gorilla Glass 5, sedangkan POCO X3 Pro menggunakan lapisan pelindung Gorilla Glass 6. Dalam hal ini, kita dapat mengatakan bahwa POCO X3 Pro lebih unggul dan layarnya 2 kali lebih tahan gores. . daripada POCO X3 NFC.

2. Diracik di Dapur Pacu Berbeda

Meneliti landasan kedua ponsel POCO X3 ini sangat menarik. Mulai dari sistem operasi yang Anda jalankan, pengguna POCO X3 NFC akan merasakan berbagai fitur Android 10 seperti smart response, live caption, mode fokus, sound booster, Wi-Fi sharing dan masih banyak lagi.

Sementara itu, POCO X3 Pro telah mengalami pembaruan sistem operasi menggunakan Android 11. Di sistem operasi yang lebih canggih ini, pengguna dapat menguji fitur-fitur terbaru mulai dari emoji baru, pemantauan media, pemberitahuan prioritas, akses ke mini-game. , hingga Anda melihat riwayat notifikasi.

Selanjutnya, Xiaomi menyebut Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G 8 nanometer sebagai chipset yang digunakan oleh POCO X3 NFC. Sisi CPU, ponsel ini berasal dari Octa-core dengan konfigurasi dua Kryo 470 Gold clock 2,3 GHz dan enam Kryo 470 Silver yang naik hingga 1,8 GHz.

Sementara itu, POCO X3 Pro memiliki Qualcomm Snapdragon 860 7 nanometer. Perangkat ini menggunakan prosesor delapan inti yang terdiri dari Kryo 485 Gold yang dimuat pada 2,96 GHz.

Kemudian datang tiga Kryo 485 Gold berukuran 2,42 GHz dan empat Kryo 485 Silver dengan clock 1,78 GHz.Untuk mengoptimalkan aspek visualnya, Adreno 640 disejajarkan seperti GPU pada POCO X3 Pro.

Kedua ponsel canggih ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang cukup luas. POCO X3 NFC memiliki RAM 6 GB dan 8 GB, dengan memori internal 128 GB yang ditenagai oleh teknologi UFS 2.1. Sementara itu, POCO X3 Pro menawarkan berbagai kombinasi dengan kapasitas 6/128 GB, 8/128 GB, dan 8/256 GB menggunakan teknologi UFS 3.1.

3. Renggangnya Pengaturan Kamera

Mari beralih ke dunia fotografi yang juga mengalami konflik dalam settingnya, terutama di kamera utama. Pasalnya, untuk kamera depan, POCO X3 NFC dan POCO X3 Pro sama-sama disejajarkan dengan sensor 20 MP dengan aperture f/2.2 dan dilengkapi fungsi HDR.

Nah, kamera utama milik POCO X3 NFC ini memiliki empat lensa built-in yang terdiri dari 64 MP dengan bukaan f / 1.8 untuk lensa lebar, 13 MP sebagai pengganti f / 2.2 sebagai lensa ultra lebar, dan 2 MP masing-masing dengan aperture f / 2.4 yang digunakan di kamera, lensa makro, dan kedalaman. Kamera utama bahkan lebih bertenaga berkat penggunaan fungsi HDR, panorama, dan dual LED flash.

Kompak dengan fitur dual LED flash, panorama dan HDR, POCO X3 Pro ternyata memiliki setup kamera utama yang lebih kecil, yakni 48 MP dengan aperture f/1.8 untuk sensor lebar, 8 MP dengan f/Diaphragm 2.2 di bagian atas. sensor ultra-lebar, dan sepasang 2 MP. Yang sudah terpasang aperture f/2.4, ada sensor makro dan kedalaman.

Dari segi kemampuan merekam, kedua perangkat ini menawarkan teknologi gyro-EIS, 4K@30fps dan 720p@960fps. Namun ada sedikit perbedaan pada resolusi, yaitu POCO X3 1080p memasangkan NFC pada 30/120 fps, sedangkan POCO X3 Pro menambahkan bingkai pada 60 fps.

4. Persaingan pada Aspek Konektivitas

Di sisi konektivitas, terdapat tiga perbedaan, antara lain penggunaan sistem navigasi, teknologi Bluetooth dan NFC. Sistem navigasi NFC POCO X3 didukung oleh A-GPS, GLONASS dan GPS BDS. Di sisi lain, POCO X3 Pro menambahkan GPS dari Uni Eropa, yaitu GALILEO, yang akan lebih tepat.

Untuk teknologi Bluetooth, POCO X3 Pro dikunci ke versi 5.0 yang memiliki kecepatan komunikasi maksimal 2MB/s. Sedangkan POCO X3 NFC bisa bertahan dan dibanggakan menggunakan Bluetooth 5.1, yang dikatakan memiliki jangkauan lebih luas hingga 240 meter, transfer data lebih cepat dari 2Mbps dan konsumsi daya lebih hemat.

Sebagai ponsel menengah dan modern, keduanya menawarkan fitur NFC, salah satunya mampu melakukan transaksi digital maupun nontunai. Seperti namanya, POCO X3 NFC dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat digunakan di mana saja. Sementara itu, fungsi NFC POCO X3 Pro hanya tersedia atau digunakan tergantung wilayah.

5. Dismilaritas Lainnya

Dari keberanian yang dibawanya masing-masing, kedua POCO ini mendapatkan nilai berbeda dari AnTuTu v8. Skor yang diperoleh POCO X3 NFC adalah 283.750, sedangkan POCO X3 Pro berhasil mengumpulkan poin hingga 453.223. Adapun dari hasil GeekBench, POCO X3 Pro kembali dengan skor 2574 dan POCO X3 NFC harus puas dengan skor 1777.

Elemen pembeda lainnya adalah warna yang ditawarkan. Calon pengguna POCO X3 NFC dapat memilih dari dua variasi warna yaitu Cobalt Blue dan Shadow Grey. Sementara itu, POCO X3 Pro menawarkan lebih banyak warna mulai dari Ghost Black hingga Frost Blue dan Metallic Bronze.

Selain itu, perbedaan yang ditunggu-tunggu tidak lain adalah masalah harga. Buat kamu yang ingin membawa POCO X3 NFC, setidaknya siapkan dana Rp 3,29 juta per perangkat untuk model 8/128 GB. Oleh karena itu, POCO X3 Pro siap untuk dipinjamkan. seharga Rp 3,49 juta untuk tipe dengan kapasitas 6/128 GB.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

stevekramerentertainment

Kembali ke atas